Umroh Bandung  – Hukum melaksanakan ibadah umroh memang sunnah, yakni tak apa-apa jika kita tak mengerjakannya, namun alangkah baiknya jika kita kerjakan, karena dapat mendatangkan ridho Allah, kebaikan dan pastinya pahala yang berlipat-lipat. Umroh sendiri secara makna bahasa berarti berziarah atau mengunjungi ke suatu tempat yang ramai. Sedangkan jika dilihat secara syarah, umroh memiliki makna mengunjungi tanah suci yakni Kota Makkah dan Madinah.

Sehingga sudah ditetapkan sejak masa Rasulullah SAW dan juga para sahabat, bahwa umroh memang hanya bisa dilakukan di Tanah Suci. Untuk tata cara melaksanakan ibadah umroh hampri mirip dengan ibadah haji, namun tetap ada amalan yang tak dilakukan saat umroh namun wajib dilaksanakan saat menjalankan ibadah haji. Salah satunya yaitu wuquf di padang Arafah, dimana wuquf sendiri merupakan ibadah puncak dari ibadah haji, dan juga hanya ada di rangkaian ibadah haji.

Selain itu ada juga lontar atau lempar jumrah di Mina dan juga mencari batu jumrah di Musdzalifah, yang hanya dikerjakan pada ibadah haji, namun tak dilakukan pada ibadah umroh. Selain itu yang membedakan lagi antara ibadah haji dan umroh adalah ibadah umroh dapat dilaksanakan kapanpun saja, tak terbatas pada waktu tertentu kecuali tanggal 9 Dzulhijah dan tanggal 11,12 dan 13 Dzulhijah. Sedangkan untuk ibadah haji hanya dapat dilakukan pada saat bulan haji, yakni tanggal 8 sampai 13 Dzulhijjah.

Secara biaya, ibadah umroh memang jauh lebih murah karena waktunya yang cukup singkat dan pengurusan pasportnya yang berupa passport kunjungan atau termasuk wisatawan, berbeda dengan ibadah haji yang agak lebih banyak biayanya karena memang waktu para jamaah haji untuk berada di Tanah Suci agak lama, selain itu passport yang digunakan adalah passport yang khusus untuk melaksanakan haji.

Sesungguhnya Allah menganjurkan bagi para hambaNya untuk melaksanakan ibadah umroh bagi yang mampu baik secara ruhiyah, fisik  dan tentunya materi. Karena mengunjungi Tanah Suci dan Ka’bah yang mejadi rumah Allah merupakan perbuatan mulia dan Allah akan menaikkan derajat bagi para hamba-hambaNya yang sudah mendatangiNya sebagai tamuNya.

Sepeti yang sudah kita ketahui, bahwa ibadah umroh memang berhukum sunnah sedangkan ibadah haji adalah wajib bagi yang mampu (baik secara finansial, fisik dan sebagainya). Sesungguhnya di hadapan Allah ibadah umroh hampir sama besar dengan melaksnakan ibadah haji. Yang berarti umroh dan haji sama-sama memiliki nilai jihad. Kita tahu bahwa Tanah Suci merupakan tanah yang disucikan oleh Allah dari segala hina, kotor dan juga nista. Sehingga berada di sana sama halnya kita sedang berjihad. Hal ini sama juga dengan seseorang yang berlelah-lelah di jalan Allah dan bernilai jihad. Karena memang kita akan menguras tenaga untuk menjalankan beberapa rangkaian ibadah umroh. Akan tetapi memang tidak ada rasa yang lebih nikmat selain rasa lelah karena ada di jalan Allah SWT. Kesejajaran antara ibadah umroh dan ibadah haji didukung oleh hadits dari Ibnu Majah dan disahihkan oleh Syaikh Al Albani.

Segala macam ibadah, baik itu yang berhukum wajib maupun sunnah, akan selalu mendekatkan diri kita kepada Allah SWT. Saat kita menjalankannya bukan hanya sekedar untuk menggugurkan kewajiban ataupun karena ingin saja, namun kita benar-benar membutuhkan interaksi dan juga ingin selalu dekat dengan Allah, maka kita akan merasakan bahwa Allah akan selalu hadir di dekat kita. Begitu juga dengan ibadah umroh, saat kita mendatangi Tanah Suci, tanah yang dimuliakan Allah, tanah dimana Rasulullah SAW dilahirkan serta meninggal dunia, tanah dimana semua peradaban Islam dimulai, di sana ada Baitullah dan tempat-tempat religius lainnya,maka insyaAllah kita akan semakin dekat dengan Sang Pencipta, Allah SWT.

Bagi anda para calon jamaah yang sekiranya sudah merasa mampu dan siap untuk melaksnakan dalam segi fisik, financial mental dan juga dapat mengatur waktu yang sudah  di sesuaikan, sebaiknya persiapkan perjalanan ibadah umroh anda secara matang agar mendapatkan kenikmatan ibadah umroh yang lebih maksimal tentunya. Dalam memilih biro travel umroh, disarankan anda memilih travel yang sudah berpengalaman dalam memberangkatkan jemaah umroh. Anda pastinya harus lebih berhati hati dan selektif dalam melihat kredibilitas biro travel umroh 2018  tersebut.

Dari waktu ke waktu, antrian untuk melaksnakan ibadah haji di Indonesia terasa semakin panjang dan lama dan hal inilah yang membuat banyak umat muslim di tanah air lebih memilih melakukan ibadah umroh atau haji kecil. Jadwal umroh yang fleksibel mempermudah Anda memilih waktu sesuai kesempatan yang Anda miliki. Berbagai agen travel sekarang ini berlomba-lomba untuk membuat jadwal keberangkatan yang sudah dapat dipesan oleh calon jamaah jauh-jauh hari. Saat memilih agen travel umroh sebaiknya, periksa Travel Agen yang menawarkan paket umroh dengan teliti. Indonesia merupakan negara dengan populasi muslim yang sangat besar, dan hal ini berdampak kepada jamaah umroh dan haji yang akan terus bertambah jumlahnya. Peluang ini dimanfaatkan oleh para agen travel umroh palsu dengan berbuat penipuan atau kecurangan. Jika Anda ditawari paket umroh yang murah dan jauh dari biaya standar nya, maka selidiki tentang riwayat travel agen tersebut agar Anda tak tertipu. Jika anda menemukan kejanggalan, maka patut dicuragai legalitas agen umroh tersebut.

Anda juga harus berhati-hati dengan tawaran paket umroh yang mengiming-imingi selangit. Anda patut waspada saat menerima brosur untuk melakukan ibadah umroh berharga mahal dengan fasilitas yang sangar mewah, dan diteruskan dengan jalan-jalan ke berbagai Negara islam seperti Mesir, Turki Yordania, dan negara-negara lain. Modus yang seperti ini seringkali dilakukan oleh agen travel nakal untuk mengambil keuntungan pribadi. Bahkan, ada juga agen travel umroh palsu yang tidak sungkan-sungkan untuk menunda keberangkatan umroh agar pesertanya semakin banyak.

Anda harus waspada  dengan biaya paket umroh yang terlalu murah. Jika poin yang sebelumnya Anda diminta untuk membayar biaya umroh dengan harga yang terlalu mahal, maka Anda juga harus mewaspadai jika travel agen menawarkan harga paket umroh yang sangat jauh di bawah harga standar atau terlalu murah. Jika Anda mengalami atau menemukan kejadian seperti ini, Anda patut mencurigainya karena fasilitas yang ditawarkan bisa jadi jauh dari harapan anda. Misalkan Anda harus menginap di hotel atau penginapan yang jauh dari Masjid Nabawi dan Masjidil Haram. Atau, Anda harus membayar dan mengurus biaya administrasi sendiri, misalkan untuk paspor, visa dan juga dokumen lainnya. Hal yang lebih mengerikan lagi yaitu Anda tak jadi berangkat ke Tanah Suci karena uang yang sudah Anda bayarkan dibawa kabur oleh agen travel yang nakal.

Memilih umroh Bandung 2018 yang sesuai dengan kesempatan dan waktu yang dimiliki memang gampang-gampang susah. Namun, Anda bisa memulainya dengan niat tulus Lillahi Ta’ala. Semoga bermanfaat.